Konsep Eskatologi Menurut St. Kirill dari Yerusalem

Authors

  • Ika Santi Pananda STT. Soteria Purwokerto
  • Hendi STT Soteria Purwokerto

Abstract

Doktrin tentang Akhir zaman (Eskatologi) merupakan topik pembimbacaraan yang terus berkembang dari masa kemasa. Ada beragam penafsiran yang dipakai seseorang menafsirkan akhir zaman itu seperti apa. Diantaranya ada penafsir yang menafsirkan akhir zaman sebagai penyesaan. Ada juga yang menafsirkan akhir zaman sebagai perkara-perkara akhir atau akhir dari segala sesuatu. Orang Kristen mempercayai akhir zaman sebagai hari kedatang Tuhan Yesus yang kedua kalinya, namun waktunya tidak ada seorang pun yang tahu bahkan Anak dan Malaikat pun tidak tahu hanya Bapa yang tahu. Oleh karena itu orang percaya semestinya berjaga-jaga. Artikel ini ditulis dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan mengumpulkan berbagai data. Data tersebut dijadikan pendukung dari apa yang dikatakan oleh St. Cyrill of Jerusalem . Sumber yang paling utama digunakan dalam penulisan artikel ini adalah buku katekisasi yang di tulis oleh St. Kirill. Artikel ini ditulis dengan berfokus pada pandangan St. Kirill dari Yerusalem tentang akhir dari alam semesta ini.

Kata Kunci: Akhir zaman; Kedatangan Kedua; Penghakiman; Santo Kirill dari Yerusalem; Teologi Patristik; Katekese

References

Behr. The Ascetic Life of the Mind, 245-250, Membahas Bagaimana Sakramen Dipandang Sebagai Partisipasi Dalam Realitas Eskatologis. St. Kirill, Kuliah Katekisasi Mistagogis, Secara Detail Menjelaskan Ekaristi Dalam Terang Realitas Surgawi., n.d.

———. The Ascetic Life of the Mind, Membahas Tujuan Katekesis Kirill Yang Membentuk Cara Hidup., n.d.

Behr, John. “The Formation of Christian Theology, The Ascetic Life of the Mind (Yonkers, NY: St Vladimir’s Seminary Press” 2008 (n.d.): 240–245.

Evans, GR. Doctrine and Development: Essays in Early Theology (Minneapolis, MN: Fortress Press, 2005), Bab “Eschatology.,” n.d.

Erickson. “Christian Theology, 1089-1133, Membahas Berbagai Sistem Eskatologis Historis Dan Modern. Lihat Juga Elkana Chrisna Wijaya, ‘Komparasi Eskatologi Injil Lukas Dengan Injil Sinoptik Lainnya,’ Jurnal Teologi Gracia Deo 1, No. 1 (2018): 46.

———. “Christian Theology, 1089. Fenomena Dispensasionalisme Dan Pra-Milenialisme Di Abad Ke-20 Sering Mengaitkan Peristiwa Akhir Zaman Dengan Israel.,” 1089.

Hendi. 2 Tesalonika 2:3-10. Dikutip Dalam St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 9. Lokasi Bait Allah Di Yerusalem Adalah Penafsiran Literal Dalam Banyak Tradisi Patristik. Purwokerto : Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen 8, No. 1 (2023): 21. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. Kuliah-Kuliah Katekisasi 15 Rujuk Matius 25:32. “Semua Bangsa” Dikumpulkan Di Hadapan Takhta-Nya. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. Kuliah-Kuliah Katekisasi “Api Neraka” Atau “Lautan Api Yang Menyala-Nyala”

Yang “Tidak Akan Pernah Padam.” Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. Kuliah-Kuliah Katekisasi Rujuk Lukas 1:33. Penegasan Ini Melawan Pandangan Yang Membatasi Pemerintahan Kristus. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. Markus 13:32; Matius 24:36. Dikutip Dalam St. Kirril Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 2. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. Matius 24:24. Dikutip Dalam St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 11. Mujizat Palsu Ditekankan. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. Matius 24:30; Markus 13:26; Lukas 21:27. Dikutip Dalam St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 3, 24., n.d.

———. Matius 24:6-7. Dikutip Dalam St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 7. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. Matius 25:46. Dikutip Dalam St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 26. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. Mengaitkan Perbuatan Dengan Nasib Kekal. Lihat Juga Kuliah Katekisasi 1, No. 2, Bahwa Iman Tanpa Perbuatan Adalah Mati. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 1, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 24, 25. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 24, 27. Rujuk Yohanes 5:22. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 25, 27.

Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 26; Kuliah Katekisasi 7, No. 1. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 26. “Akan Hidup Bersama Allah Selamanya.” Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 27. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 3. Rujuk Mat 24:43; 1 Tes 5:2. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 9, 10. Antitesis Ini Implisit Dalam Perbandingan Kristus Dan Antikristus. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, No. 9. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 15, Secara Khusus Berjudul “Mengenai Kedatangan Kristus Kedua Kali Yang Mulia.,” 2023.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 18, No. 1. “Kebangkitan Orang Mati, Dalam Tubuh.” Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi, Kuliah Katekisasi 18, No. 14. Harapan Kebangkitan Sebagai Motivasi Ketekunan. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

———. St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi (Malang: Yayasan Perpustakaan Injil Indonesia, 2023), Iii (Kata Pengantar Penerjemah). Detail Penerbitan Perlu Diverifikasi Untuk Akurasi Standar Jurnal, 2023.

———. Yohanes 5:22. Dikutip Dalam St. Kirill Dari Yerusalem, Kuliah-Kuliah Katekisasi,

Kuliah Katekisasi 15, No. 24. Purwokerto,: Sekolah Tinggi Teologi Soteria Purwokerto, n.d.

Manafe, Yanjumseby Yeverson. “Parosia Menurut Paulus.” Jurnal Scripta Teologi dan Pelayanan, 5368 (2016): 1–11.

Waroy, John . ‘Pengetahuan Dasar Tentang Eskatologi Kristen,’ 2023.

Wijaya, Elkana Chrisna. ‘Komparasi Eskatologi Injil Lukas Dengan Injil Sinoptik Lainnya,’ Jurnal Teologi Gracia Deo 1, No. 1 (2018): 46.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles