Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen terhadap Siswa Kelas V-VI SD Negeri 060937 Medan
Keywords:
pola asuh, orangtua, prestasi siswaAbstract
Kapasitas diri seorang anak termasuk prestasi belajarnya tidak dapat dilepaskan dari lingkungan terdekatnya yaitu keluarga. Peran orangtua dalam hal pola asuhnya menjadi sangat krusial karena relasi timbal balik orangtua dengan anak terjadi dalam jangka waktu yang lama sejak mereka kecil hingga dewasa. Hal ini tentu mempengaruhi bagaimana kapasitas diri seorang anak terbentuk dan bertumbuh. Prestasi belajar anak dapat dikaji oleh karena faktor pengaruhnya. Melalui penelitian dengan metode kuantitatif ini, Penulis mencoba meneliti sejauh mana pengaruh pola asuh orangtua ( variabel independen) terhadap prestasi belajar anak ( variabel dependennya). Penulis menbuat kajian terlebih dahulu tentang pola asuh orang tua dan prestasi belajar serta faktor pendukungnya. Kemudian disajikan hasil riset di lapangan. Penelitian dilakukan terhadap 50 responden sebagai sampel yaitu pada siswa kelas V - VI di SD Negeri 060937 Medan. Hasil penelitian dibagian akhir tulisan membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa keberhasilan siswa memerlukan keterlibatan positif dari orangtua.