Mengakomodasi Kebutuhan Rohani Anak Berkebutuhan Khusus di GBI Bethel Bandung
Keywords:
Anak berkepribadian khusus, kerohanian, sekolah mingguAbstract
Masalah anak berkepribadian khusus akhir-akhir ini mencuat lagi ke permukaan , dikarenakan dengan kemajuan zaman dan obat-obatan. Anak- anak berkebutuhan khusus sering menjadi beban bagi orang tuanya dikarenakan banyak dari orang tua yang tidak mengerti bagaimana cara mendidik anak-anak tersebut terutama secara rohani. Peneliti dalam hal ini melakukan penelitian baik secara langsung di gereja tempat peneliti beribadah karena ibadah anak berkebutuhan khusus sudah dimulai di sekolah minggu. Masalah yang diteliti adalah tentang penindak lanjutan dari ibadah anak berkebutuhan khusus tersebut dan tujuan adanya peningkatan kerohanian pada anak-anak tersebut, dapatlah dismpulkan bahwa usulan dari peneliti dapat dilakukan di Gereja Bethel Indonesia Bandung.
Kata Kunci: Anak berkepribadian khusus;kerohanian; sekolah minggu
References
Agnes Ratnawati, Daniel Januar Tanudjaja, Edwin Edwin. “Profil Guru Sekolah Minggu Di GBI Rock Bellezza.” Kingdom, 1(1), 46-57., 2021.
Any Ulfatus Saadah, Rodia Syamwil. “Analisis Pelaksanaan Kursus Membatik Pada Penyandang Tunadaksa Di Pusat Rehabilitasi Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (Yakkum) Yogyakarta.” Fashion and Fashion Education Journal, 4(1)., 2015.
Babawat, Heles. “Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Membangun Fondasi Spiritual Anak Sekolah Minggu.” Jurnal Excelsior Pendidikan, 5(1), 13-24., 2024.
Dujo, Usman. “Meningkatan Kemampuan Melipat Pakaian Melalui Metode Analisis Tugas Anak Tunagrahita Di SLB Kristen Emmanuel Manado.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 415-421., 2022.
Fify Joseph, Irwanto Mangedong. “Manfaat Pendidikan Inklusif Dalam Mengatasi Masalah
Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus.” Eulogia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(2), 124-139, 2023.
Molen, Lixion. Metodologi Penelitian Kualitatif, 2007.
Nova Lisye Sinaulan, Ellen S. Kambey, Semuel Selanno. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa Tunarungu Di Era New Normal.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 75-89., 2021.
Oriza Sarah Safitri, Hella Jusra. “Analisis Kesulitan Belajar Dan Self Confidence Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learner Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 68-80., 2021.
Palimbong, Ludia. “Analisis Pemahaman Dan Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Desa Paccerakan,” 2021.
Pratiwi, Jamilah Candra. “Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya.” Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2)., 2016.
Rahmadiena, Aulia Rizoi. “Gambaran Resiko Karies Pada Anak Down Syndrome Dan Anak Cerebral Palsy Berdasarkan Komponen Saliva = Description Of Caries Risk In Down Syndrome And Cerebral Palsy Children Based On Saliva Component,” 2020.
Sampe, Novitaloka Dati. “Persepsi Guru Sekolah Minggu Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Minggu Gereja Toraja Jemaat Depok,” 2023.
Samuel Wanget, Harlinda Agama, Deeker Sumolang, Mila Enjeli Salindeho, Meilani Inda Sri Dalending, David Natanael Ponto. “Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus(Tuna Daksa): Kajian Pastoral Konseling.” ATOHEMA: Jurnal Teologi Pastoral Konseling, 2(1), 1-13., 2025.
Sepniwati Warasi, Atirina Gulo, Novi Liunokas, Ela Meronisa R. Tatubeket, Nelson Hasibuan. “Metode Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membantu Siswa Tunanetra (Gangguan Pada Penglihatan) Dalam Belajar.” CarakA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 5(2)., 2024.
Simanungkalit, Aprianus. “Dasar Pelayanan Kristen Bagi Penyandang Tunagrahita.” Jurnal Teologi Kependetaan, 11(1), 16-27., 2020.
Verra Ria Christia, Iswahyudi Iswahyudi, Jimmy Setiawan, Wahyu Bintoro. “Pengaruh
Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Yang Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Minggu Gereja Kristen Setia Indonesia Menining.” Indonesia Journal of Religious, 4(2), 1-12., 2021.
Yeni Marito, Juli Mona Pita Tampubolon, Dea Kristin, Angellia Br Sembiring, Grace Stefani Manurung, Ria Febiola Sitorus, Adelisa Agriva Kesita Sinaga. “Alat Bantu Yang Digunakan Anak Tuna Netra Dalam Proses Pembelajaran Di SLB Negeri Pembina Medan.” Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(6), 10081-10092., 2024.