Mengakomodasi Kebutuhan Rohani Anak Berkebutuhan Khusus di GBI Bethel Bandung

Authors

  • David Aripin Wihardja STT Kharisma Bandung
  • Yanto Paulus Hermanto STT Kharisma Bandung

DOI:

https://doi.org/10.64005/jtpk.v3i2.209

Keywords:

Anak berkepribadian khusus, kerohanian, sekolah minggu

Abstract

Abstract. The problem of children with special personalities should be our common concern because they also have the right to life and attention and need to grow and develop fully according to the dignity and human dignity that God has given them. As holistic creatures, they also need attention not only in terms of physiology, but also in terms of their spirituality. Children with special needs are often a burden for their parents because many parents do not understand how to educate these children, especially spiritually. The researcher in this case conducted research at the church where the researcher worships because the worship of children with special needs has started in Sunday school. The problem studied is about the follow-up of the worship of children with special needs and aims to improve the spirituality of children with special needs. The research methodology used is a qualitative method with a field survey involving direct data collection at the research location, such as through observation, interviews, and group discussions. From the research, it was found that the worship of children with special needs can improve children's spirituality and foster a sense of sociality among children with special needs. The results of the study will be applied at the Bethel Indonesia Church in Bandung.

Abstrak. Masalah anak berkepribadian khusus akhir-akhir ini mencuat lagi ke permukaan , dikarenakan dengan kemajuan zaman dan obat-obatan. Anak- anak berkebutuhan khusus sering menjadi beban bagi orang tuanya dikarenakan banyak dari orang tua yang tidak mengerti bagaimana cara mendidik anak-anak tersebut terutama secara rohani. Peneliti dalam hal ini melakukan penelitian baik secara langsung di gereja tempat peneliti beribadah karena ibadah anak berkebutuhan khusus sudah dimulai di sekolah minggu. Masalah yang diteliti adalah tentang penindak lanjutan dari ibadah anak berkebutuhan khusus tersebut dan tujuan adanya peningkatan kerohanian pada anak-anak tersebut, dapatlah dismpulkan bahwa usulan dari peneliti dapat dilakukan di Gereja Bethel Indonesia Bandung.

References

Agnes Ratnawati, Daniel Januar Tanudjaja, Edwin Edwin. “Profil Guru Sekolah Minggu Di GBI Rock Bellezza.” Kingdom, 1(1), 46-57., 2021.

Any Ulfatus Saadah, Rodia Syamwil. “Analisis Pelaksanaan Kursus Membatik Pada Penyandang Tunadaksa Di Pusat Rehabilitasi Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (Yakkum) Yogyakarta.” Fashion and Fashion Education Journal, 4(1)., 2015.

Babawat, Heles. “Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Membangun Fondasi Spiritual Anak Sekolah Minggu.” Jurnal Excelsior Pendidikan, 5(1), 13-24., 2024.

Dujo, Usman. “Meningkatan Kemampuan Melipat Pakaian Melalui Metode Analisis Tugas Anak Tunagrahita Di SLB Kristen Emmanuel Manado.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 415-421., 2022.

Fify Joseph, Irwanto Mangedong. “Manfaat Pendidikan Inklusif Dalam Mengatasi Masalah

Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus.” Eulogia: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(2), 124-139, 2023.

Molen, Lixion. Metodologi Penelitian Kualitatif, 2007.

Nova Lisye Sinaulan, Ellen S. Kambey, Semuel Selanno. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa Tunarungu Di Era New Normal.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 75-89., 2021.

Oriza Sarah Safitri, Hella Jusra. “Analisis Kesulitan Belajar Dan Self Confidence Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learner Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 68-80., 2021.

Palimbong, Ludia. “Analisis Pemahaman Dan Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Desa Paccerakan,” 2021.

Pratiwi, Jamilah Candra. “Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya.” Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2)., 2016.

Rahmadiena, Aulia Rizoi. “Gambaran Resiko Karies Pada Anak Down Syndrome Dan Anak Cerebral Palsy Berdasarkan Komponen Saliva = Description Of Caries Risk In Down Syndrome And Cerebral Palsy Children Based On Saliva Component,” 2020.

Sampe, Novitaloka Dati. “Persepsi Guru Sekolah Minggu Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Minggu Gereja Toraja Jemaat Depok,” 2023.

Samuel Wanget, Harlinda Agama, Deeker Sumolang, Mila Enjeli Salindeho, Meilani Inda Sri Dalending, David Natanael Ponto. “Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus(Tuna Daksa): Kajian Pastoral Konseling.” ATOHEMA: Jurnal Teologi Pastoral Konseling, 2(1), 1-13., 2025.

Sepniwati Warasi, Atirina Gulo, Novi Liunokas, Ela Meronisa R. Tatubeket, Nelson Hasibuan. “Metode Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membantu Siswa Tunanetra (Gangguan Pada Penglihatan) Dalam Belajar.” CarakA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 5(2)., 2024.

Simanungkalit, Aprianus. “Dasar Pelayanan Kristen Bagi Penyandang Tunagrahita.” Jurnal Teologi Kependetaan, 11(1), 16-27., 2020.

Verra Ria Christia, Iswahyudi Iswahyudi, Jimmy Setiawan, Wahyu Bintoro. “Pengaruh

Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Yang Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Minggu Gereja Kristen Setia Indonesia Menining.” Indonesia Journal of Religious, 4(2), 1-12., 2021.

Yeni Marito, Juli Mona Pita Tampubolon, Dea Kristin, Angellia Br Sembiring, Grace Stefani Manurung, Ria Febiola Sitorus, Adelisa Agriva Kesita Sinaga. “Alat Bantu Yang Digunakan Anak Tuna Netra Dalam Proses Pembelajaran Di SLB Negeri Pembina Medan.” Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(6), 10081-10092., 2024.

Downloads

Published

2025-05-31

Issue

Section

Articles