Implementasi Prinsip-Prinsip Kecerdasan Spiritual berdasarkan 1 Samuel 3 di Kalangan Anak-Anak Sekolah Minggu
Keywords:
Implementasi, kecerdasan spiritual, prinsipAbstract
Perikop 1 Samuel 3 mendaftarkan beberapa dimensi kecerdasaan spirtual, yaitu: mempunyai pendirian rohani yang kokoh; seorang pendengar yang baik; dapat dipercaya, dan setia dalam tanggungjawab yang dipercayakan. Apabila dimensi–dimesi kecerdasan ini diimplementasikan oleh seorang anak, maka hal itu akan meningatkan kualitas hidup anak tersebut. Penelitian ini akan membahas tentang Implementasi Prinsip-prinsip kecerdasan spiritual di kalangan anak-anak sekolah minggu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan explanatori-konfirmatori. Setelah uji normalitas dan uji linieritas dilakukan, dilanjutkan dengan uji hipotesis. Dan hasilnya: implementasi prinsip-prinsip kecerdasan spiritual berada pada rentang nilai Lower–upper Bound sebesar 57.24 s/d 67.73, rentang nilai ini berada pada kategori sedang di dalam table klas interval; dimensi yang paling dominan diimplementasikan dari prinsip-prinsip kecerdasan spiritual berdasarkan 1 Samuel 3 adalah dimensi setia dengan tanggungjawab; nilai dari analisis data CRT sebesar 71.070 kali; dan katagori latar belakang yang dominan dalam Implementasi prinsip-prinsip kecerdasan spiritual berdasarkan 1 Samuel 3 adalah Kerohanian, nilai dari CRT sebesar 34.695 kali.