Pola Pemberdayaan Karunia Pelayanan menurut Efesus 4:11-16 bagi Pertumbuhan Jemaat Gereja Pantekosta di Indonesia Wilayah Medan Sumatera Utara

Authors

  • Beltazar Nainggolan Sekolah Tinggi Teologi Sola Gratia Medan

Keywords:

pemberdayaan, karunia, pelayanan, pertumbuhan, iman

Abstract

Karunia-karunia Pelayanan merupakan anugerah Tuhan bagi gereja yang harus diberdayakan sebagaimana mestinya demi tercapainya tujuanNya bagi gereja. Efesus 4 : 11 menyebutkan lima karunia pelayanan untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pembangunan tubuh Kristus yakni Karunia Rasul, Karunia Nabi, Karunia Penginjil, Karunia Gembala dan Karunia Pengajar. Peranan masing-masing karunia begitu penting dalam gereja namun ketika karunia-karunia pelayanan tersebut tidak difungsikan dengan baik dan tanpa adanya suatu sinergitas antara satu dengan lainnya, maka akan terjadi ketimpangan dalam pelayanan dan berdampak buruk bagi pertumbuhan gereja. Melalui penelitian dengan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan di Gereja Pantekosta di Indonesia wilayah Medan Sumatera Utara, Penulis memperlihatkan dasar biblikal dari hakikat karunia-karunia pelayanan, penerapan pemberdayaan karunia-karunia pelayanan dan pola pemberdayaan karunia-karunia pelayanan. Ketiga hal tersebut saling terkait satu dengan yang lainnya untuk menyusun konsep pola pemberdayaan karunia-karunia pelayanan di penggembalaan Gereja Pantekosta di Indonesia wilayah Medan SumateraUtara. Kesimpulannya memperlihatkan urgensi pemberdayaan karunia-karunia pelayanan demi kemaksimalan tujuan dan fungsi gereja.

Downloads

Published

2022-11-18

Issue

Section

Articles